Wednesday, January 16, 2019

Motor (mesin)

 Ok,, bertemu lagi dengan saya di "Dunia otomotif" artikel yang membahas tentang otomotif yang di buat agar dapat menambah ilmu pengetahuan bagi si pembacanya,,,...
  Kali ini saya akan menuliskan pengetahuan dasar tentang mesin, apa itu "mesin/motor"??? Langsung aja kita bahas bersama.....



  • Motor/mesin ialah, suatu barang atau alat yang di rangkai atu di rakit dengan sedemikian rupa sehingga bisa merubah bahan bakar atau energi menjadi tenaga mekanin. Contoh mesin: mesin-mesin mobil mesin motor, mesin gilingan padi, mesin diesel,DLL.
  • Mesin ada 2 (dua) macam yaitu:
  1. Mesin 4 (empat) tak/gerakan
  2. Mesin 2 (dua) tak/gerakan


Yang di maksud mesin 4 (empat) tak adalah:
-berlangsungnya proses 4x langkah piston/seker menghasilkan 1x  langkah kerja (berlangsungnya proses 2x putaran as kruk menghasilkan 1x langkah kerja.


  • Cara kerja mesin 4 tak adalah:
  1. Langkah pertama, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) klep minyak (klep IN) terbuka maka campuran bahan bakar dan udara akan terhisap masuk ke ruang bakar, ini di sebut langkah hisap/penghisapan.
  2. Langkah kedua,  piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) kedua klep/ katup tertutup maka campuran bahan bakar dan udara akan terpadatkan di dalam ruang bakar, ini di sebut langkah pemadatan/ kompresi.
  3. Langkah ke tiga, bersama datang nya kompresi busi mengeluarkan bunga api listrik atau untuk mesin diesel Nozel mengeluarkan solar, maka gas yang telah di padatkan tadi akan terbakar sehingga mendorong seker atau piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) kedua katup masih tertutup, ini di sebut langkah kerja atau usaha.
  4. Langkah ke empat, seker atau piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) klep api (EX) terbuka maka gas sisa pembakaran akan terpompa keluar, ini di sebut langkah pembuangan.
  • Ciri ciri mesin 4 tak adalah
-bahan bakar murni baik mesin bensin maupun mesin berbahan bakar solar
-memakai klep/ katup, noken as, rantai sentrik.
-tidak berasap pada mesin bensin
-pelumasan langsung (di dalam mesin)

Kemudian yang di maksud mesin 2(dua)tak/ langkah adalah:

  • Artinya 2 tak/langkah ialah : berlangsungnya 2 kali proses langkah seker menghasilkan langkah kerja, atau berlangsungnya proses 1x putaran as kruk menghasilkan 1x langkah kerja.
  • Cara kerja mesin 2 tak adalah:
  1. Langkah hisap juga langkah kompresi.
-Sebelum piston bergerak ke atas/ (TMA) di ruang silinder sudah penuh dengan gas baru, begitu seker atau piston bergerak ke atas (TMA) maka gas akan di padatkan.

-Langkah bakar juga langkah buang.
Setelah gas di padatkan busi mengeluarkan bunga api listrik maka gas akan terbakar yang mengakibatkan seker terdorong ke bawah (TMB), sebelum seker pol ke bawah saluran buang terbuka maka gas sisa pembakaran akan terpompa keluar, dan gas baru akan masuk lewat saluran masuk (inlatjos) masuk nya bahan bakar dari calter ke ruang bakar/chilinder karena adanya tekanan kompresi seker ke bawah.


  • Sebelum mesin di hidupkan pada bagian mesin ini tidak terdapat pelumasan, karena pelumasan ada di oli samping, dan apa bila mesin berputar oli akan masuk ke ruang calter lalu di salurkan yang memerlukan pelumasan. Bahan bakar masuknya juga lewat calter maka bensin akan bercampur dengan oli, lalu percampuran oli dan bahan bakar bensin ini masuk ke ruang bakar dan sekaligus di bakar, maka tak heran kalau mesin 2 tak ini keluar asap sewaktu mesin hidup.
  • Apa bila mesin ini hidup tidak mengeluarkan asap berarti pada mesin ini tidak ada pelumasan, maka mesin jangan di hidupkan dulu, di cari dulu penyebab nya terutama pada bagiak saluran oli.
  • Kebaikan mesin 2 tak:
  1. Alat/onderdil sangat sederhana 
  2. Tenaga cukup kuat (cocok buat balap)
  3. Larinya kencang
  • Keburukan mesin 2 tak,
  1. Busi cepat kotor (harus sering cek busi)
  2. Suara kasar (mudah di triakin tetangga wkwkwk)
  3. Keluar asap
  4. Kenalpot cepat kotor
  • Contoh mesin 2 tak:
Mesin-mesin motor:

  1. Yamaha, suzuki, Vespa, dll.
  2. Mesin mesin mobil: Daihatsu s 38, suzuki st 20.
Yaa!! Itulah pengertian dasar dari sebuah mesin baik itu 4tak ataupun 2tak, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca, sekian trimakasin:)



12 comments:

  1. Jadi tahu mesin sekarang, terimakasih yaa artikelnya!

    ReplyDelete
  2. Trimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. jadi tau sekarang penjelasan tentang mesin motor soalnya saya klw masalah mesin-mesin motor gk paham sama sekali. terimkasih penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat dan memberi pengetahuan baru

      Delete
  4. saya sebagai anak tkj jadi tau tentang mesin motor, nice artiek gan

    satu lagi template nya kurang responsive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung dan memberi saran semoga artikel ny bermanfaat

      Delete
  5. jadi nambah wawasan ., meskipun saya bukan anak oto tapi sedikit lebih ngertilah gimana kinerja dari mesin 4 tak ini .,. nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung semoga semoga bermanfaat artikel nya

      Delete
  6. Nah ini yg bikin saya bertanya-tanya soal 'tak'. Ternyata artinya gerakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan "tak" itu gerakan piston pada suatu mesin, trimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat artikel nya

      Delete
  7. Wah, makasih informasinya, jadi tau nih apa itu motor/mesin dalam arti Otomotif ๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama" gan semoga menambah pengetahuan baru dan trimakasih sudah berkunjung

      Delete