Thursday, January 17, 2019

Pesawat Rem

PESAWAT REM
 Ok!! Kembali lagi sama "Dunia otomotif" blog yang berisi konten seputar otomotif untuk sebuah pembelajaran bagi pembacanya...kali ini Dunia Otomotif akan membahas tentang rem, gak usah lama lama lagi mari kita bahas sekarang....

  • Gunanya rem adalah: untuk menghentikan laju roda dalam jarak yang dekat waktu yang singkat
  • Bagian bagian rem terdiri dari..
  1. Tabung minyak rem
  2. Pedal rem
  3. Sentral utama 
  4. Klep sentral
  5. Terminal rem
  6. Selang rem
  7. Nepal angin palsu
  8. Seker rem/piston rem
  9. Karet piston
  10. Master rem
  11. Setelan rem 
  12. Prodo rem
  13. Per rem
  14. Piringan rem
Rem ada 2 (dua) macam yaitu:
-rem hidrolik dan,
-rem mekanik

  • Rem hidrolik kerjanya karena adanya tekanan zat cair/udara sedangkan rem mekanik kerjanya karena adanya tarikan benda secara langsung. Rem hidrolik biasanya di pakai oleh kendaraan besar dan rem mekanik biasanya di pakai oleh kendaraan kecil seperti mobil - mobil pribadi. Pada kendaraan besar biasanya di pasang rem pakem yang berfungsi untuk meringankan tekanan/injakan pedal rem. Pada rem motor ada yang memakai rem hidrolik dan juga rem mekanik, kerjanya persis dengan rwm mobil hanya beda bentuk dan bagian bagian nya saja.
  • Yang di sebut dengan angin palsu pada rem adalah, angin yang terdapat pada selang selang rem. Jadi angin tersebut akan mengganggu jalan nya minyak rem, sehingga rem akan ngocok atau membatu, cara mengatasi harus di buang angin tersebut yang ada di dalam selang rem.
  • Cara membuang angin palsu: pertama minyak rem harus cukup kemudian pedal rem di injak injak sampai tinggi (berlaku untuk mobil yang tidaj menggunakan boster yaa:) ) kemudian di tahan kemudian buka baut nepel angin palsu, begitu seterusnya hingga angin benar benar hilang (tidak kluar glembung udara pada minyak rem). 
  • Apabila rem tidak mau bekerja kemungkinan yang rusak adalah seker/ piston rem macet akibat karat dan lumpur akibat minyak rem yang sudah lama, karet habis/ aus, selang bocor, minyak rem habis.
  • Gangguan gangguan pada rem yang sering terjadi adalah.
  1. Prodo rem tipis
  2. Masuk angin palsu
  3. Seker aus dan macet
  4. Setelan rem tidak rata
  5. Master rem pecah


Itulah pembahasan kaliin di Dunia Otomotif tentang sistem/ Pesawat rem, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan anda tentang otomotif:)

2 comments:

  1. gan, motor matic saya starter keretek-keretek ya di deket mesin, sebabnya kenapa gan?

    ReplyDelete
  2. Saat stater sudah di on kan mesin bisa menyala atau tidak? Jika tidak tapi terdapat bunyi tek" itu di sebabkan karna relay atau orang sebut bendik ini karena aki sudah mulai melemah, tpi jika stater di on kan dan kendaraan hidup tapi terdapat bunyi pada mesin terutama di area dinamo stater itu bisa terjadi karena pelor pada stater sudah mulai haus ataupun ada terdapat kotoran ini bisa di atasi dengan mengganti pelornya saja, namun jika bunyinya tidak berasal dari dinamo stater ini bisa terjadi pada CVT dia akan berbunyi jika mesin menyala tapi tidak di gas jika di gas suara nya akan menghilang permasalahan ini berasal dari piece slide yang berada di dalam box cvt orang" sebut nya karet rumah roler bunyi tersebut di sebabkan karna komponen sudah mulai aus atau sudah mulai harus di ganti,,, jika kurang paham bisa di tanyakan lagi dan trimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete