Sunday, January 27, 2019

Kerusakan pada sepeda motor

Halo!! Slamat datang kembali di DUNIA OTOMOTIF blog yang berisi tentang pembelajaran dan penerangan tentang ilmu otomotif, kaliini dunia otomotif akan menerangkan dan menjelaskan suatu kerusakan yang sering di alami pada lendaraan sepeda motor, kiranya artikel kali ini dapat membantu kalian dalam mengetahui kerusakan pada sepeda motor dan tau cara memperbaikinya.
Langsung saja kita bahas bersama sama..



Permasalahan yang pertama yaitu "mesin tidak mau hidup atau susah di hidupkan"
Kemungkinan penyebab adalah.
  1. Kompresi terlalu rendah
  2. Setelan kerenggangan klep menyimpang, cara memperbaikinya yaitu dengan melakukan penhetelan klep 
  3. Bos klep aus cara memperbaikinya: mengganti bos klep dengan yang baru lalu lakukan penyeyelan ulang.
  4. Ring piston aus: cara memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti ring piston yang baru.
  5. Dinding silinder telah aus, cara memperbaikinya adalah: dengan menggantu atau memperbesar lubang silinder
  6. Putaran motor stater terlalu lambat, cara memperbaikinya yaitu dengan cara: memeriksa bagian kelistrikan terutama pada motor stater.
  7. Busi tidak mau menyala, cara memperbaikinya yaitu dengan cara melepas busi dan mengetes arus dari coil jika arus kluar maka busi yang mati namun jika dari coil tidak kluar maka bisa dari coil nya yang rusak atau juga dari sepul yang mati.
  8. Bensin tidak mau mengalir, penyebabnya selang udara bensin tersumbat kotoran dari tank bahan bakar, cara mengatasinya bersihkan tank bahan bakar dan selang saluran bahan bakar dan juga bersihkan keran serta karburator.


Yang kedua yaitu "mesin mudah mati" penhebabnya yaitu.
  1. Busi kotor, cara memperbaikinya yaitu dengan cara membersihkan celah busi dengan amplas halus atau menggantinya dengan busi baru
  2. Pick up coil atau cdi rusak, cara memperbaikinya dengan cara mengganti nya dengan yang baru karna ini adalah barang electronik yang ketika rusak harus di ganti
  3. Jet karburator tersumbat oleh kotoran, cara memperbaikinya dengan membersihkan jet karburator dan komponen karburator lainnya.


Yang ke tiga yaitu " suara mesin berbunyi tidak normal" penyebabnya adalah
  1. Katup berbunyi, penyebabnya kerenggangan klep terlalu renggang, pegas klep lemah atau patah, permukaan cam shaft aus atau tidak rata, journak cham shaft aus, cara mengatasinya ialah dengan cara mengganti komponen yang sudah aus lalu melakukan penyetelan klep dengan kerenggangan klep standar sesuai standar nya.
  2. Bunyi yang di sebabkan oleh piston, penhebabnya piston aus, silinder aus, cara memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan yang baru, ruang bakar banyak arang nya atau banyak sisa kotoran pembakaran, cara memperbaikinya yaitu dengan: membongkar bagian silinder lalu membersihkan nya. Pen piston atau lubang pen piston pada piston aus, cara memperbaikinya dengan cara menggantikan nya dengan yang baru.
  3. Rantai melar atau memanjang biasanya rantai naik turun saat berjalan dan menyentuh Arm atau sumpit pada roda. Cara memperbaikinya yaitu dengan cara: memotong beberapa mata rantai namun jika rantai sudah sangat tidak layak maka harus menggantinya dengan yang baru.
  4. Seproket atau gigi rantai aus, ini di sebabkan karna pemakaian kendaraan yang sering di sentak" atau di gas kejut saat gigi masuk dan tanda gigi sproket aus biasanya di tandai bunyi brinsik dan rantai sering lepas saat berjalan kencang ini sangat membahayakan pengendara, cara memperbaiki nya yaitu dengan cara menggantinya dengan yang baru.
  5. Setelan rantai tidak berfungsi, ini menyebabkan rantai sering kendor dengan sendirinya walaupun sudah di lakukan penyetelan, cara memperbaikinya yaitu dengan cara: mengganti setelan rantai dengan yang baru.
  6. Sepatu kopling aus cara memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti sepatu kopling dengan yang baru
  7. Plat kopling aus atau selip cara memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan yang baru
  8. Counter shaft aus cara memperbaikinya dengan mengganti counter shaft yang baru
  9. Hub kopling aus karena usia pemakaian cara memperbaikinya yaitu dengan menggantinya dengan hub yang baru
  10. Dumper kopling melemah cara mengatasinya dengan penggantian yang baru
  11. Pegas kopling lemah cara mengatasinya harus di ganti
  12. Bunyi dari tranmisi, dapat di sebabkan dari roda gigi aus atau rusak, cara perbaikan nya yaitu dengan cara di ganti dengan yang baru
  13. Spi atau pasak rusak karena pemasangan yg tidak tepat ini dapat di atasi dengan cara mengganti nya dengan yang baru.
  14. Bearing atau klaker rusak karena pemakaian yg sudah lama dan harus di ganti
  15. Baut gigi countrshaft rusak atau aus harus mengganti countershaft
Yang ke empat yaitu kopling selip penyebab nya antara lain,
  1. Kanvas kopling rusak atau aus cara memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti kanvas nya dengan yang baru.
  2. Per pegas kopling lemah cara memperbaikinya yaitu dengan cara melakukan penggantian pegas yang baru
  3. Rumah kopling aus cara mengatasinya dengan melakukan penggantian rumah kopling.
  4. Setelan kabel kopling terlalu dalam atau terlalu pendek cara mengatasi nya yaitu dengan cara melakukan penyetelan pada kabel kopling di handel dan di bak mesin
  5. Plat kopling bengkok cara memperbaikinga yaitu dengan cara menggantikan nya dengan yang baru.
Berikutnya yang ke lima yaitu kopling lengket ini di sebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain.

  1. Setelan kopling salah cara mengatasinya dengan melakukan penyetelan kembali.
  2. Kekuatan pegas tidak sama cara mengatasinya dengan cara mengganti pegas dengan yang baru.
  3. Plat penekan aus atau bengkok cara memperbaikinya yaitu dengan menggantinya dengan yang baru

Yang ke enam yaitu penyebab gigi tranmisi susah masuk atau sulit bekerja ini di sebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  1. Gear shaft cam patah, cara memperbaikinya yaitu dengan menggantinya dengan yang baru.
  2. Garpu pemindah gigi bengkok, cara memperbaikinya yaitu dengan cara menggantinya dengan yang baru
  3. Pawl pemindah gigi aus atau bengkok dapat di perbaiki jika belum parah namun jika sudah parah wajip di ganti.

Yang ke tuju yaitu kopling selip atau macet (khusus kopling otomatis)

  1. Kopling selip, kopling pertama, kopling pemindah gigi penyebabnya kanvas kopling aus, penyetelan kopling yang salah cara memperbaikinya yaitu dengan cara melakukan penyetelan dan mengganti kanvas kopling yang baru.
  2. Kopling macet, kopling pertama, kopling pemindah gigi, gaya atau gerak kopling tidak sama, oli tranmisi terlalu kental cara memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti oli yang sesuai SAE std nya.
  3. Mesin hidup tapi kendaraan tidak mau jalan, penyebabnya antara lain ialah, kopling utama rusak, penyetelan kopling yang salah pada pemindah gigi ke dua, gigi tranmisi macet, counter shaft dan driver shaft rusak cara memperbaikinya dengan mengganti bagian kanvas nya dan melakukan penyetelan ulang.

Yang ke delapan yaitu,mesin kotor atau berasap tebal kemungkinan penyebabnya adalah antara lai.

  1. Oli mesin terlalu banyak, cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah oli
  2. Permukaan dinding silinder aus atau rusak cara mengatasinya yaitu dengan cara mengganti atau memperbesar lubang silinder
  3. Seal klep aus atau rusak atau sobek cara mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian seal klep
  4. Permukaan daun klep tidak rata yang mengakibatkan tidak bocor cara mengatasinya dengan cara menyekir atau meratakan permukaan daun klep menggunakan amril atau biji besi atau serbuk besi
  5. Ring oli pada piston aus cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pergantian ring oli dengan yang baru.
  6. Alur samping ring oli aus ini juga menyebabkan kendaraan anda mengeouarkan asap karena oli masuk ke ruang pembakaran dan terbakar hal ini dapat di perbaiki dengan mengganti ring oli dengan yang baru.

Yang ke sembilan yaitu "tenaga mesin berkurang" ini dapat di sebabkan oleh berbagai hal antara lain yaitu:

  1. Kerenggangan pada katup terlalu besar ini mengakibatkan kompresi bocor dan mengakibatkan bahan bakar boros, cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penyekiran dan melakukan penyetelan ulang pada katup
  2. Pegas katup sudah lemah, ini menyebabkan katup dalam pengembalian posisi semula menjadi lambat sehingga kompresi bocor dan bahan bakar menjadi boro, cara untuk memperbaiki nya ialah dengan cara mengganti pegas yang sudah lemah tadi dengan pegas yang baru.
  3. Ring piston dan dinding silinder aus ini menyebabkan hasil kompresi tidak sesuai kebutuhan ini mengakibatkan tenaga berkurang, masalah ini dapat di slesaikan dengan cara mengganti ring piston tadi dengan yang baru sedangkan pada bagian dinding silinder yang rusak tadi dapat di over size.
  4. Busi kotor: mungkin masalah ini sepele tapi jika sampai terjadi dapat berpengaruh besar pada tenaga mesin karena hasil percikan bunga api dari busi tidak sempura hal ini bisa di atasi dengan membersihkan bagian celah busi dengan menggunakan amplas dan kain lap.
  5. Jet di karburator tersumbat ini dapat di atasi dengan membersihkan bagian jet karburator agar tidak ada kotoran.
  6. Penyetelan pelampung karburator menyimpang, hal ini bisa terjadi karena pelampung yang di stel tidak tepat sehingga bahan bakar yang masuk terkadang berkurang atau tidak cukup untuk di kabutkan ke ruang bakar, hal semacam ini dapat di benarkan dengan menyetel ulang bagian pelampung karburator.
  7. Oli mesin terlalu banyak, hal ini dapat mengakibatkan berkurang nya tenaga mesin karena tekanan oli di dalam mesin menghambat gerak komponen mesin secara normal.

Yang ke sepuluh yaitu "mesin cepat panas" hal seperti ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang antara lain sebagai berikut:

  1. Piston penuh sisa karbon, ini bisa terjadi karena proses pembakaran tidak sesuai karena saat pengapian kurang tepat, hal ini bisa di atasi dengan membersihkan bagian atas piston 
  2. Oli mesin kurang, akibat pemakaian yang terlalu lama biasa nya pemilik kendaraan lupa untuk mengganti nya, hal ini dapat menyebabkan mesin mudah cepat panas karena kurang nya pendinginan di dalam mesin sehingga kedua komponen yang bekerja saling bergesekan menyebabkan panas dan lambat laun akan cepat aus atau rusak, hal ini harus cepat di ganti pada bagian oli mesin jika tidak komponen mesin di dalam nya akan rusak.
  3. Pompa oli tidak berfungsi, karena pompa oli tidak bekerja maka oli tidak bersirkulasi pada seluruh bagian komponen mesin yang membutuhkan pelumasan sehingga ketika mesin bekerja pendinginan tidak ada. Hal ini dapat di atasi dengan memperbaiki bagian pompa olinya 
  4. Ruang masuk udara tersumbat oleh debu, hal ini menyebabkan udara untuk mencampur bahan bakar berkurang sehingga terlalu banyak bakar yang di semprotkan oleh karbu ke ruang bakar, hal ini bisa di perbaiki dengan membersihkan saluran udara terutam pada bagian karbu dan filter udara


   Itulah beberapa masalah pada kendaraan sepeda motor, saat ini Dunia Otomotif hanya membahas pada bagian mesin terlebih dahulu untuk bagian kelistrikan, rangka, dll akan admin buat di artikel selanjutnya, semoga apa yang saya tulis ini dapat memberi pengetahuan baru bagi yang membacanya dan agar dapat memperbaiki kendaraan nya masing masing, sekian dan trimakasih:)

4 comments:

  1. Blog idola anak2 jurusan TKR ni.

    dijelaskan detail antara, masalah, penyebab dan solusinya.

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu. Soalnya motor saya mudah mati, setelah membaca artikel ini ternyata tinggal cek busi.

    ReplyDelete
  3. Waw, lengkap banget. Sangat informatif dan bermanfaat bagi saya yg emang seorang biker.

    ReplyDelete
  4. Request bang cara mengatasi overheat, krna w prnh gpke knLpot sminggi trs skrg mtrnya kpanasan:(

    ReplyDelete