Wednesday, December 19, 2018

Cara menyetel klep motor bebek

Cara menyetel klep motor

Apa itu penyetelan klep??
  Penyetelan klep yaitu suatu tindakan seseorang dalam melakukan pembenahan pada sepeda motor nya yang mengalami bunyi bringsik seperti suara rantai sentrik yang kendor,,
 Klep kendor dapat mengakibatkan suara gemricik pada mesin bagian head chilinder dan juga mengakibatkan boros nya bahan bakan.
Penyetelan klep motor harus di lakukan oleh orang yang sudah mengerti pasal nya jika tidak tau dalam penyetelan klep maka motor tidak dapat menyala bahkan bisa mengakibatkan klep bengkok karena terjadi tabrakan dengan piston dan akhirnya piston juga bisa pecah.
 Klep kendor biasanya terjadi karena penyetelan nya kurang tepat, faktor usia motor, faktor noken yang mulai aus sehingga tekanan ke klep mulai renggang.

Kali ini saya akan memberikan sebuah cara untuk menyetel klep dan cara ini dapat kalian terapkan di rumah kalian, dengan syarat kalian harus memiliki alat alat sebagai berikut,,,obeng min(-), kunci T 17 untuk jenis motor bebek seperti supra revo grend dll, kemudian kunci ring 8-9, fuller gauge atau alat untuk mengukur kerenggangan klep, dan kunci klep (valve adjusting werch)

Langkah langkah yang harus kita lakukan: 
Kali ini saya beri contoh pada mesin grend,,

-Buka tutup klep
Buka tutup klep bagian atas dan bawah
Buka tutup klep dengan kunci tutup klep kalau tidak ada bisa menggunakan kunci inggris.

-buka tutup bak kiri bagian atas (agar mudah melihat tanda TOP pada piston)
Buka menggunakan obeng min yang besar usahakan membukanya dengan perlahan karna bagian tutup ini biasanya terbuat dari plastik jadi jika terlalu di paksa akan menimbulkan kerusakan pada bagian dudukan obeng min tersebut.

-buka tutup blok kiri untuk memudahkan memutar crank shaft untuk mencari tanda Top 


Buka tutup nya yang berada di bawah nama honda tersebut dengan obeng min seperti membuka tutup bagian atas tadi di lakukan dengan hati hati.

Setelah semua sudah terbua kemudian kuncu T Di masukan ke bagian poros crank shaft lalu jari telunjuk kita memegang klep bagian atas sembari di putar dengan kunci T Kita rasakan pergerakan klep tersebut dengan irama klep turun - naik kemudian cari tanda Top di bagian mahnet dengan cara kita lihat pada lubang bagian atas yang sudah kita buka tadi kemudian kita cari tanda T sambil di putar dengan kunci T tadi (biasanya ketika klep tadi naik maka jika kita putar bagian mahnet satu kali dengan kunci T maka kita bisa menemukan tanda top(T) tersebut), setelah itu lakukan pengecekan pada klep dengan cara menggoyangkan klep nya jika goyang maka klep tersebut kendor maka harus di lakukan penyetelan caranya,
Kendorka baut klep dengan kunci ring 8-9 tadi lalu pasang fuller gauge tadi dengan nomer 0,05 pasang di antara rocer arem dan klep kemudian sambil di kencangkan pada bagian penyetelan nya menggunakan kunci klep tadi setelah cukup pas maka gerakan fuller gauge dengan menarik dan mendorongnya jika teras agak seret namun bisa di tarik maka itu sudah pas, lalu kencangkan mur nya dengan kunci 8-9 tadi setelah selesai cek klep Ex atau klep bagian bawah jika kendor juga maka lakukan penyetelan sama seperti klep atas tadi
Jika penyetelan sudah selesai maka pasang kembali keseluruhan nya...jika ada suara yg timbuk pada bagian head padahal klep tidak kendor bisa di priksa bagian noken as nya apakah sudah terkikis atau belum...

Trimakasih sudah mampir ke blog ini demikian artikel ini saya akhiri jika ada ketidak mengertian bisa di tanyakan ke kolom komentar.....

No comments:

Post a Comment