Thursday, January 24, 2019

Karburator

Slamat datang kembali di Dunia Otomotif blog di mana artikel tentang pembahasan dan pembelajaran tentang otomotif, blog yang di rancang untuk membuat pembacanya mudah memahami dan mengerti supaya dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru...
Kaliini Dunia Otomotif ingin mengulik tentang komponen penting pada sepeda motor yaitu KARBURATOR, langsung saja kita bahas bersama sama apa itu karburator....

  • Karburator di pakai pada mesin yang memakai bahan bakar bensin. Karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar agar menjadi gas.
  1. Prinsip kerja karburator.                      Prinsip kerjanya sama dengan prinsip pengecatan dengan semprotan. Ketika udara di tiup melalui bagian ujung dari pipa penyemprot, tekanan di dalam pipa akan turun, sehingga cairan dalam tabung penyemprot akan terhisap ke dalam pipa dan membentuk kabut saat terdorong oleh udara.
  2. Kontruksi dasar karburator.                Gambar di bawah ini memperlihatkan bentuk dasar karburator, bila seker bergerak ke bawah di dalam silinder selama langkah hisap pada mesin akan menyebabkan kevakuman di dalam ruang bakar. Dengan terjadinya vakum ini udara yang masuk ke ruang bakar melalui karburator beaarnya udara yang masuk ke silinder dibatur oleh skep gas.

Karburator harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Mampu mencampur bahan bakar bensin dan udara dengan baik dan stabil.
  • Mampu memberi perbandingan antara bensin dan udara sesui dengan kebutuhan mesin
  • Mampu menyuplai kebutuhan campuran pada berbagai tingkat kecepatan mesin.

CARA KERJA KARBURATOR
  1. SISTEM STASIONER / LANSAM.                  bila mesin berputar lambat dan skep gas terbuka sedikit maka udara yang masuk ke karburator sangat sedikit dengan demikian campuran udra dan bensin yang masuk ke ruang bakar sedikit karena tidak di salurkan melalui nozel utama sehingga mesin berputar lambat/stasioner.
  2. Cara putaran di atas stasioner.              Sistem ini adalah proses setelah mesin mulai melewati sistem stasioner. Apabila skep gas mulai terbuka maka kebutuhan campura bahan bakar yang kaya ke dalam mesin di butuhkan karena saluran stasioner tidak mampu menyuplai hingga skep gas terbuka lebih besar lagi. Oleh sebab itu di buat saluran tambahan atau pembantu yang akan bekerja bila skep gas mulai membuka. Umumnya lubang saluran ini di buat persis di atas skep pada beban karburator.
Sistem kecepatan tinggi.                        Apabila skep gas terus di buka hingga melewati operasi stasioner dan di atas putaran stasioner maka udara akan mengalir dari bagian atas karburator sehingga laju udara pada venturi lebih besar dan mampu menarik bahan bakar dari ruang pelampung melalui spuyer/saluran utama (main jet) dan kluar pada nozel utama daerah venturi.. 

Itulah pembahasan kaliini tentang karburator semoga dapat menambah wawasan pengetahuan bagi pembacanya,,Trimakasih;-)

No comments:

Post a Comment