Sunday, December 16, 2018

Cham shaft (Noken As)

Noken As(cham shaft)

Apakah kalian tau apa itu noken as atau juga di sebut cam shaft?? Kalau yang belum tau silahkan simak pengetahuan nya di sini last go....

Noken as atau cam shaft yaitu salah satu komponen yang letak nya berada di cylinder head, fungsi noken as yaitu mengatur membuka dan menutup nya valve/klep maupun klep ex ataupun klep in
Waktu pembukaan valve ini sesuai dengan waktu yang di berikan oleh piston, jadi tidak heran para bengkel motor di luar sana yang sering menyeting noken as nya untuk mendapat performa kecepatan yg mereka inginkan di motor balap nya masing masing, namun jika hanya menyeting noken as saja belum tentu performa motor menjadi naik ada hal hal lain yg perlu penyetingan ataupun penggantian komponen agar supaya seimbang contoh nya pada bagian karbu dan cdi.

Putaran noken as di peroleh dari rantai timing yang berasal dari crank cash yang menyesuaikan langkah piston.

Pada motor setandar penggantian noken as biasa nya tidak menentu karna noken as biasa nya masa aus/rusak nya tidak menentu tergantung pemakaian si pengendaranya itu sendiri..
Biasa nya penggantian noken as jika motor sudah mengalami performa yang kurang dan berbunyi suara yang agak kasar hal ini di sebabkan karena permukaan nok sudah tidak rata ataupun sudah mulai habis yang mengakibatkan penekanan klep tidak sempurna sehingga waktu pembukaan klep tidak maksimal dan gesekan pada nok tersebut akan menimbulkan bunyi kasar karena nok sudah mulai merenggang dengan roker Arm sehingga bukanya menekan nok tersebut malah bergesekan sehingga tidak hanya noken yang rusak tapi roker Arm juga bisa mengalami keausan dan yang lebih fatal lagi yaitu klep dapat bertabrakan dengan piston.

Demikian pembahasan kita tentang noken as atu cham shaft ini kiranya dapat membantu menambah wawasan pengetahuan para lembacanya dan janagn lupa meninggalkan komen berupa kritik dan saran sehingga dapat membuat suatu perbaikan bagi saya, trimakasih dan sampai berjumpa kembali :)

3 comments:

  1. Penting bgt ini, ohya apa yg mmpengaruhi keawetan noken as gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara pemakaian dan pergantian oli sesuai jarak tempuh yang telah di lewati

      Delete