Wednesday, April 17, 2019

Pemeriksaan busi






Haii sobat otomotif apakabar semua nya?semoga baik baik saja, senang bisa kembali lagi di dalam Dunia Otomotif, kali ini tema yang kita ambil dari suatu komponen utama yang paling penting yaitu busi. Busi sendiri memiliki fungsi memercikan bunga api yang di peroleh dari tegangan arus listrik dari coil yang kemudian di percikan di dalam ruang bakar sehingga bisa menciptakan hasil pembakaran.
busi memiliki susunan komponen yaitu

  1.  Terminal, bagian ini letaknya berada pada bagian atas busi yang terhubung langsung dengan kabel tegangan tinggi yang mengalir arus listrik dari coil.    
  2. Insulator, fungsi nya untuk mengisolasi atau melapisi  batang elektroda tengah dari cangkang busi
  3. Ribs,fungsi nya mencegah arus kluar ke komponen lain yang dapat bertindak sebagai arus negatif.
  4. Bodi, fungsinya untu tempat insulator sekaligus tempat meletakan busi pada kepala silinder tepat pada bagian ulir nya.
  5. Gasket, fungsi nya agar tekanan kompresi dari ruang bakar tidak bocor melalui lubang busi.
  6. Inti elektroda, fungsinya sebagai inti penyaluran arus listrik dan terhubung ke terminal.
  7. Elektroda ground, fungsi nya sebagai pemindah arus listrik  dari inti elektroda, komponen ini pada bagian ujung nya terhubung langsung dengan ground kendaraan.

Itulah bagian dan fungsi dari busi tersebut kemudian kaliini kita akan membahas tentang berapa lama pergantian busi itu sendiri,

Pada dasar nya busi perlu melakukan pergantian sesuai jarak tempuh yang sudah di lalui namun jika kendaraan yang kita miliki hanya untuk sekedar kliling komplek ataupun ke warung saja bisa jadi busi dapat bertahan lama, sesuai ketentuan yang berlaku busi sendiri di katakan perlu di ganti jika sudah menempuh jarak 8000-10000km.

Kali ini admin akan memberi sedikit pengetahuan tentang mengetahui masalah pada mesin dengan melihat karatristik dan sifat pada busi...

Sering kita jumpai saat kita mengendarai sepeda motor pada perjalanan kita merasakan seakan akan kendaraan yang kita naiki sedikit tersendat sendat setelah kita cek pada bagian busi ternyata ada perubahan warna pada bagian elektroda nya biasa nya warna tersebut hitam arang putih (warna crom), kemerah merahan seperti batu bata tiga warna ini bisa di sebabkan akibat beberapa faktor antara lain,

1. Oli pada blog masuk ke dalam ruang silinder di karenakan  ring oli bocor atau sudah aus bisa di sebabkan juga karena sil klep bocor sehingga oli masuk kedalam ruang bakar dan mengakibatkan kluar nya asap pada bagian kenalpot, hal tersebut dapat mengakibatkan pembakaran tidak sempurna umumnya pada motor 4 tak oli yang ikut terbakar kemudian menyisahkan kerak yg menempel pada bagian elektroda dan pada payung nya tersebut sehingga busi menjadi hitam arang mengakibatkan percikan bunga api yg kluar kurang maksimal sehingga kendaraan sedikit terasa tersendat sendat, maslah ini biasa nya di atasi dengan cara mengamplas bagian celah elekttoda tersebut hingga benar benar bersih dari kerak oli yang terbakar, lalu yang ke dua yaitu,

2. Bahan bakar yang di semprotkan oleh karburator terlalu boros ataupun terlalu irit, jika kepala atau elektroda pada bagian busi berwarna hitam maka setelan pada karburator terlalu boros (basah) warna ini bisa di sebabkan oleh 2 faktor antara oli yang ikut terbakar karna adanya kebocoran ataupun setelan bahan bakar yang terlalu boros ataupun basa, kemudian jika kita menemui warna bagian elektroda atau kepala busi berwarna putih seperti warna crom itu tandanya setelan karburator terlalu irit, lalu yang ketiga ada warna seperti merah bata,

3. Wara yang di hasilkan adalah merah bata hal ini di sebabkan karena setelan bahan bakar dan udara pada karburator perbandingan nya sesuai dan tidak ada kebocoran oli pada ruang bakar warna inilah yang sering di gunakan para mekanin untuk melihat pas atau tidak nya antara pengapian dan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar....
Mungkin itu dulu yang bisa mimin bahas kali ini untuk artikel berikut nya akan di jelaskan antara perbandingan busi std vs busi racing manakah yang lebih bagus?
Untuk kalian yang sudah berkunjung saya ucapkan trimakasih banyak dan semoga bermanfaat untuk kalian semua, saya tunggu komen dan kritik beserta saran nya agar supaya blog ini bisa berkembang...

12 comments:

  1. Penjelasan yang cukup mengena mengenai busi. Terima kasih infonya yang bermanfaat. Saya sepertinya tidak pernah mengganti busi, apa yang terjadi jika busi tidak diganti? Btw saya tidak pernah mengalmi tersendat-sendat

    Oiya, saran saya per paragraf diberi spasi dan template pakai template yang bagus, bukan bawaan blogger biar lebih berwarna dan keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka dengan mode destkop sudah gak pake bawaan blogger kok, mungkin lupa settingan buat mobilenya gak dinonaktifkan

      Delete
    2. Ok gan trimakasih atas saran nya

      Delete
  2. Yang aku tau yang namanya busi ya satu komponen aja ๐Ÿ˜… atas penjelasan dari artikel ini menambah wawasanku mengenai otomotif yang gak sesimpel yang aku pikirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat bagi agan

      Delete
  3. Ternyata, busi yang keliatannya macam baut itu punya komponen detail sepetti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, penjelasan seperti di atas biasa nya di dapat dari plajaran anak smk yang jurusan otomotif

      Delete
  4. Artikel Kaya gini bakal dicari2 oleh anak SMK terutama jurusan TKR, mantap banget ulasannya, lanjuut gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah mau berkunjung semoga bermanfaat

      Delete
  5. Mengenai busi. Saya ingin bertanya,gan.
    Motor saya ketika di starter sering keluar suara ledakan seperti petasan. Apakah ada hubungannya dengan busi?
    Karena menyangkut perapiannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba terlebih dahulu cek bagian busi jika kotor maka bisa di bersihkan dengan cara di amplas jika masih ada suara ledakan bisa di ganti dengan busi yang baru karena bisa di pastikan bahwa busi agan Setengah mati namu jika masih ada suara ledakan meski busi sudah di ganti maka bisa dilakukan cara menutup lubang Ais

      Delete
  6. Bener nih ane klo ngecek busi sesuai panduan dr blog ini, ternyata kita sama pemikiranny:)

    ReplyDelete