Friday, March 22, 2019

Tranmisi manual

Hai! Sobat Dunia Otomotif jumpa lagi di blog otomotif ini setelah sekian lama admin gk bikin artikel lagi di karnakan banyak kesibukan, kali ini Dunia Otomotif akan membahas salah satu komponen utama yang penting di setiap kendaraan sepeda motor apa itu? Langsung saja kita bahas bersama sama.
TRANMISI MANUAL
Apa itu tranmisi manual?
Tranmisi manual adalah sistem yang terdapat pada sepeda motor yang fungsi nya merubah atau mengatur perbandingan putaran mesin dengan putaran roda blakang sehingga menciptakan momen atau kekuatan atau juga speed (kecepatan) yang di atur oleh handel pemindah gigi, gigi tranmisi juga memiliki fungsi untuk mendapatkan torsi dan tingkat kecepatan sesuai dengan kondiai jalan yang berbeda beda dengan kecepatan yang kita inginkan.
Dalam sitem tranmisi terdapat sepasang poros yaitu poros primer dan poros sekunder, pada poros primer memiliki ciri gigi tranmisi relatif lebih kecil dan salah satu poros nya berhubungan dengan kopling, sedangkan untuk poros sekunder memiliki ciri ciri gigi tranmisi nya cenderung lebih besar dan salah satu ujung poros nya berhubungan dengan sproket penggerak roda.
Pada setiap poros gigi tranmisi terdapat tiga jenis gigi yaitu:
A) fix gear (gigi tetap), yaitu gigi yang perputaran nya mengikuti poros
B) idle gear (gigi bebas), yaitu gigi yang dapat berputar bebas pada poros
C) slide gear/sliding gear (gigi geser) yaitu gigi yang bergeser pada poros slide gear gigi geser mempunyai fungsi untuk menentukan atau mencari pasangan gifi mana yang bekerja sesuai dengan posisi gifi yang di kehendaki. Kemudian agar rangkaian gigi tranmisi dapat berfungsi dengan baik dan sempurna memerlukan komponen pendukung yang di sebut shift, shift terbagi menjadi dua bagian yaitu:
A) shift fork: lengan pemindah gigi tranmisi
B) shift drum: poros penggerak shift fork


Tranmisi memiliki 3 sistem pemindah gigi yaitu:
A). Sistem see saw
Alur shift drum mempunyai batas, artinya jika kalian perhatikan pada shift drum sistem see saw alur antara shift drum dan shift fork memiliki batas alur, jadi pedal harus di tekan ke depan untuk menaikan gigi dan di tekan kebelakang untuk menurunkan gigi.
Urutan pemindah giginya :N-1-2-3-4-3-2-1-N
Contoh motor ini yaitu: jupiter, shogun, cripton, force 1, tornado dll
B). Sistem rotari
Alur pada shift drum tidak mempunyai batas jadi perpindahan gigi nya dapat terus di tekan maju. Urutan perpindahan nya yaitu: N-1-2-3-4-N contoh untuk motor dengan sistem rotari ini adalah: Supra, grend, sanex, kawasaki blitz, dll.
Untuk sistem ini ia memiliki kelengkapan stopper pengaman yang fungsi nya agar menahan gigi 4 agar tidak langsung netran saat saaf motor melaju kencang, jadi jika kalian mengandarai motor jenis ini saat kecepatan tinggi dan gigi pada kecepatan 4 namun jika gigi di tekan gigi tersebut tidak langsung N atu netral karna di tahan oleh stopper tersebut, tapi stopper tidak berfungsi jika motor dalam kondisi berhenti, sehingga dari gigi 4 bisa langsung netral.
C). Sistem retrun
Dalam sistem ini alur shift drum mempunyai batas seperti sistem see saw tapi letak posisi netral nya ada di antara gigi 1 dan 2 urutan perpindahan gigi nya adalah: 1-N-2-3-4-5-6 dan contoh motor jenis retrun ini adalah, NSR-Ninja-RxZ-Honda sonic-tiger dll.
Itu tadi adalah pengertian tranmisi manual dan pengertian sistem tranmisi yang ada di beberapa kendaraan sepedamotor kemudian ada beberapa gangguan yang ada di dalam sistem tranmisi manual ini antara lain yaitu:
1) susah dalam memasukan gigi atau mengurangi gigi serta menetralkan gigi tranmisi
2) adanya netral palsu atau dapat netral sendiri
3) gigi tranmisi tersendat sendat
4) penyetelan lengan pemindah gigi patah
Berikut adalah gambar dari komponen tranmisi berserta nama komponen nya.


Itulah beberapa sistem komponen yang ada di sebuah tranmisi semoga bisa menambah wawasan pengetahuan anda di bidang otomotif, jangan lupa berikan kritik dan saran di kolom komentar agar supaya blog ini bisa semakin berkembang,, Trimakasih

2 comments:

  1. Nambah wawasan gan, cuma karena gambarnya kurang rapi aja ngeditnya.
    Mampir juga ke ragamfootball.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih gan sudah mampir dan memberi saran di blog ini semoga bisa bermanfaat

      Delete