Friday, February 15, 2019

Mencari gangguan pada mesin

Hallo sobat Dunia Otomotif balik lagi bersama kita, di sini  Dunia Otomotif akan membahas artikel tentang otomotif lagi dengan topik mencari gangguan pada mesin, mungkin pada artikel sebelum nya sudah di bahas namun mungkin kurang jelas maka dari itu Dunia otomotif akan membahas dan mengulas nya kembali lagi, langsung saja kalau begitu kita simak bersama sama..


  1. Gangguan yang pertama mesin terlalu panas, kemungkinan penyebab nya ialah gangguan pada sistem pendinginan dan kesalahan waktu pengapian, cara yang di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut ialah perbaikan sistem pendingin pada bagian radiator dan melakukan penyetelan waktu pengapian...
  2. Gangguan yang kedua yaitu, mesin tidak mau berputar penyebab kemungkinan pada gangguan tersebut yaitu gangguan pada sistem stater perbaikan nya dengan memperbaiki sistem stater
  3. Gangguan yang ke tiga yaitu, mesin tidak mau hidup atau sukar untuk hidup, penyebab nya bisa terjadi karena tidak adanya bahan bakar yang masuk ke karburator, gangguan pada karburator, gangguan pengapian, vakum bocor dan kompresi rendah. Cara perbaikan nya yaitu melalui cara pemeriksaan saluran bahan bakar, perbaikan sistem bahan bakar(bisa di pompa bahan bakar, selang bahan bakar dll), perbaikan sistem pengapian, dan pemeriksaan tekanan kompresi
  4. Yang ke empat ialah gangguan idle kasar atau sebentar bentar mati, penyebab gangguan tersebut ialah gangguan pada pengapian, vacum bocor, gangguan karburator, mesin terlalu panas(over headting) kompresi rendah. Cara mengatasi masalah tersebut antara lain yaitu perbaikan pada sisten pengapian, perbaikan sistem bahan bakar, perbaikan sistem pendinginan, pemeriksaan kompresi
  5. Yang kelima yaitu gangguan yang terjadi pada mesin yaitu timbil suara ledakan penyebab nya yaitu, katup cuk membuka (mesin dingin) vakum karburator bocor, suplai bahan bakar kurang, waktu pengapian tidak betul, busi kotor atau sudah mau mati gangguan seperti ini dapat di atasi dengan pemeriksaan cuk, pemeriksaan selang" bahan bakar, mencari gangguan pada siatem bahan bakar, melakukan penyetelan pada sistem pengepian, pemeriksaan busi.
  6. Yang ke enam yaitu gangguan yang terjadi ketika pemakaian oli pada mesin boros, penyebab gangguan ini terjadi karena oli bocor, gasket atau perpak rusak, ring piston aus atau cacat, batang katup aus, seal klep aus. Gangguan ini bisa kita perbaiki dengan melakukan beberapa cara seperti, pemeriksaan ring piston, pemeriksaan katup, mengamati gasket yang sudah rusak, memeriksa seal katup jika gasket dan seal katup sudah aus atau rusak maka wajib di ganti dengan yang baru..
  7. Yang ke tuju yaitu, gangguan bensin boros, ini bisa terjadi karena beberapa hal yaitu antara lain, bahan bakar bocor, saringan udara tersumbat, gangguan pengapian, gangguan karburator, kompresi rendah, perbaikan yang kita lakukan yaitu dengan memeriksa saringan udara, memperbaiki sistem pengapian, memperbaiki sistem bahan bakar, pemeriksaan kompresi.
  8. Yang kedelapan ialah gangguan pada mesin yaitu mesin batuk atau mbrebet saat melakukan percepatan ini di sebabkan karena beberapa faktor antara lain gangguan pada karburator (permukaan pelampung terlalu rendah- power valve tidak berfungsi-katup cuk tertutup (mesin panas)-katup cuk terbuka terus (mesin dingin)- saluran bahan bakar tersumbat karena ada kotoran ataupun debu. Gangguan tersebut dapat di atasi dengan melakukan beberapa hal antara lain menyetel kembali ketinggian pelampung, membersihkan saluran bahan bakar yg tersumbat oleh kotoran, melakukan penyetelan idle, cek sistem cuk
  9. Yang ke sembilan yaitu,gangguan pada stater antara lain gangguan nya adalah, setater berputar terus hal ini bisa di akibatkan karena beberapa hal antara lain yaitu, kerusakan dinamo stater, kerusakan switc ignation, kabel konsleting, perbaikan yang dapat diblakukan antara lain yaitu adalah, perbaikan pada dinamo stater, mengganti swit ignation, dan memperbaiki kabel yg terjadi konsleting.
  10. Yang kesepuluh yaitu gangguan pada oli yaitu tekanan oli rendah ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal antara lain yaitu, oli bocor, kesalahan katup pengatur tekanan, kesalahan pompa oli, kualitas oli buruk, kesalahan bantalan poros engkol, kesalahan bantalan batang penghubung , saringan oli tersumbat, perbaikan yang dapat di lakukan antara lain: penggantian katup pengatur tekanan, perbaikan pompa oli, penggantian oli baru, penggantian bantalan, melakukan penggantian saringan oli.
  11. Yang ke sebelas adalah gangguan yang terjadi ketika mesin terlalu panas, ini bisa di akibatkan karena beberapa hal berikut antara lain yaitu: sabuk penggerak (tali kipas) pompa air kendor, terdapat kotoran (daun daun ,serangga,dan sebagainya di dalam radiator sehingga menghalangi hembusan udara), selang pompa air rumah termostat radiator tersumbat atau gasket kepala silinder bocor, gangguan pada termostat, waktu pengapian terlambat, gangguan kelistrikan pada sistem pendingin, selang radiator tersumbat atau retak retak, gangguan pada pompa air, radiator tersumbat atau tutupnya rusak, kepala silinder atau blok retak/tersumbat. Gangguan semua itu bisa kita perbaiki dengan beberapa hal berikut ini yaitu:  penyetelan atau penggantian sabuk penggerak (tali kipas) pompa air, melakukan pembersihan radiator dari kotoran debu daun" dan serangga yang menghalangi hembusan udara dari depan, melakukan pengecekan termostat, menyetel ulang waktu pengapian pada distributor, melakukan penggantian pada selang radiator, memeriksa dan memperbaiki kelistrikan pada sistem pendinginan, mengganti pada pompa air yang mengalami kerusakan.
  12. Yang ke dua belas yaitu gangguan pada mesin dengan ciri" sebagai berikut, letupan pada kenalpot (setelah pengapian) hanya waktu pengurangan kecepatan, gangguan tersebut bisa terjadi oleh beberapa hal antara lain: gangguan pada sistem DP (das pot) sistem pemutus bahan bakar waktu pengufangan kecepatan slalu mati(off) gangguan tersebutbisa kita benahi dengan cara sebagai berikut antara lain:  melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada sistem DP dan membenahi sistem pemutus bahan bakar dan tidak lupa melakukan pembenahan pada waktu pengapian.....


Itu tadi adalah beberapa gangguan yang bisa kita rasakan saat mesin menyala untuk artikel di atas tadi merupakan gangguan pada mesin mobil motor dan juga mesin diesel, sebenar nya masih banyak lagi gangguan yg sering terjadi pada mesin namun berhubung jari mimin capek untuk ngetik lain kali mimin akan jelaskan kembali, dan mimin mengucapkan banyak trimakasih bagi kalian yang sudah berkunjung di blog ini kiranya semua artikel yg saya tulis ini bisa menambah pengetahuan dan pembelajaran bagi para pembaca nya sekali lagi mimin ucapkan trimakasih dan sampai bertemu di artikel yg selanjut nya.....

2 comments:

  1. Nice info gan, bermanfaat ketika punya motor berumur seperti saya.
    Mampir juga ke ragamfootball.blogspot.com

    ReplyDelete